AKUNTANSI KOMPARATIF AMERIKA &
ASIA
Dalam materi ini akan dibahas mengenai sistem
akuntansi di 5 negara, yaitu 2 negara di benua Amerika (Amerika Serikat
dan Meksiko)dan 3 negara di Benua Asia (India, China, dan Jepang). Alasan
menggunakan kelima negara tersebut antara lain, Amerika dan Jepang merupakan 2
negara dengan tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi, menjadi pusat
perekonomian dan negara pendiri Komite Standart Akuntansi Internasional
(IASB – International Accounting Standart Board). Sementara Meksiko, India dan
China merupakan negara dengan perekonomian yang baru”muncul”. Selain itu,
sistem akuntansi di Meksiko memiliki bentuk yang hampir serupa dengan akuntansi
dinegara-negara latin lainnya. Sedangkan China merupakan negara dengan jumlah
penduduk terbesar di dunia dan perekonomiannya berubah dari perekonomian
terpusat menjadi market-oriented. Begitu juga dengan negara India yang
merupakan negara dengan populasi terbesar kedua setelah China.
LIMA SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NASIONAL
1. Amerika
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sektor khusus
Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Board-FASB), namun yang
menjadi penyokong kewenangan standar akuntansinya adalah agensi kepemerintahan
komisi keamanan dan kurs (Securities and Exchange Commission-SEC).
Hingga tahun 2002, Institut Sertifikasi Akuntansi Publik
Amerika (American Institute of Certified Public Accounttants-AICPA), sebagai
badan khusus lainnya juga mengaudit standar mereka. Pada tahun tersebut, Publik
Company Accounting Oversight Board (PCAOB) didirikan, dengan dewan yang
berwenang untuk mengeluarkan regulasi audit dan auditor perusahaan publik.
1.1 Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
Setiap
negara bagian memiliki peraturan dasar perusahaan tersendiri. Banyak dari
peraturan tersebut tidak kaku memaksa, serta laporan yang diberikan kepada
agensi lokal sering kali tidak bisa diketahui umum. Audit tahunan serta
persyaratan laporan keuangan secara realitas hanya ada pada tingkat federal
saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. SEC memiliki yuridiski terhadap
perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS serta perusahaan yang berdagang
over the caunter.
SEC
memiliki wewenang penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada
perusahaan publik tetapi bergantung pada sekdos swasta dalam menerapkan standar
tersebut. Hal ini bekerja dengan FASB dan bersifat menekan saat FASB dinilai
bergerak terlalu lambat atau menyimpang.
FASB
dibentuk pada tahun 1973 dan desember 2006 mengeluarkan laporan standar
akuntansi keuangan 158 (158 statements of financial accounting
standards-SFASs). Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi yang berguna
untuk para infestor . Prinsip akuntansi yang umum adalah GAAP.
Pada tahun
1991, FASB mengembangkan strategi rencana pertama untuk aktivitas
internasional. Tahun 1994, menambahkan promosi mengenai perbandingan
internasional. FASB merupakan anggota internasional kooperatif,
berkomitmen,untuk fokus pada GAAP AS dan IFRS. Tahun 2002 FASB dan IASB
membentuk komitmen mereka untuk menyatukan tujuan dengan menandatangini Norwalk
Agreement yang kemudian ditegaskan kembali pada tahun 2005, dengan beberapa
tujuan yang akan dicapai pada tahun 2008.
Diantara
semuanya yang paling penting adalah pembentuka PCAOB yaitu suatu organisasi non
profit yang diawasi langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab sbb :
· Menerapkan
audit, mengendalikan kuantitas, etika, kemandirian dan standarisasi lainnya
yang berhubungan dengan persiapan untuk laporan audit perusahaan agar aman
diketahui publik.
· Mengawasi
subjek audit perusahaan publik terhadap keamanan hukum
· Memeriksa
akuntansi firma publik yang telah terdaftar.
· Mendukung
akuntansi firma publik, serta memberikan kasus kepada SEC atau badan lain untuk
menginvestigasi lebih lanjut.
1.2 Laporan Keuangan
Tipe
laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar di AS memiliki beberapa komponen
dibawah ini :
1. Laporan
manajemen
2. Laopran
auditor independen
3. Laporan
keuangan primer
4. Diskusi
manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan
5. Penjelasan
mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan
keuangan.
6. Catatan atas
laporan keuangan
7. Perbandingan
data keuanngan selama lima atau sepuluh tahun
8. Data triwulan
terpilih
1.3 Patokan Akuntansi
Peraturan
patokan akuntansi di AS berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung
jika terus diperhatikan. Dasar perhitungan akrual cukup meresap, serta
peraturan transaksi akan pengenalan event sangat bergantung pada konsep yang
cocok. Sebuah konsistensi membutuhkan pemaksaan pada keberagaman perlakuan
akuntansi dari suatu periode ke periode selanjutnya. Jika terdapat perubahan
pada praktik atau proses, maka perubahan dan pengaruhnya harus diungkapkan.
2. Meksiko
Thun
1500an, meksiko merupakan rumah bagi berbagai macam kebudayaan. Hernando Cortes
menaklukan meksiko pada tahun 1521 serta menemukan koloni spanyol yang telah
ada selama 300 tahun. Meksiko mendelegasikan kemerdekaan pada 1810., dan diakui
merdeka oleh spanyol pada 1821.
Meksiko
memiliki free market ekonomi yang besar, perekonomian free market mulai membaik
selama 1990-an yang membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan
ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik.
2.1 Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
Di meksiko
standar akuntansi dikeluarkan oleh Council for Researchand Development of
Financial Information Standards yaitu CINIF. Mexican Institute of Public
Accounting mengeluarkan standarisasi proses audit melalui Auditing Standards
and Procedures Commision. Pengaturan standarisasi di meksiko menggunakan
pendekatan sistem Inggris- Amerika, atau Anglo-Saxon dari pada pendekatan Eropa
Kontinental.
Persyaratan yang dbutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan
audit berbeda-beda, bergantung pada tipe dan ukuran perusahaan. Semua
perusahaan yang berada dibawah hukum meksisko harus menunjukkan minimal satu
auditor berwenang untuk melaporkan kepada para pemegang saham terkait laporan
keuangan tahunan.
2.2 Laporan Keuangan
Tahun
fiskal perusahaan di meksiko harus bersamaan dengan kalender tahunan.
Perbandingan laporan keuangan gabungan yang harus dipersiapkan antara lain :
1. Neraca
2. Laporan laba
rugi
3. Laporan
perubahan ekuitas pemegang saham
4. Laporan
perubahan posisi keuangan
5. Catatan
Catatan
adalah bagian yang melengkapi laporan atas perubah posisi keuangan yaitu antara
lain :
· Kebijakan akuntansi pada perusahaan
· Ketersediaan
material
· Komitmen
untuk pembelian sahamsubstansi atau dibawah hak kontrak
· Penjelasan
mendetail mengenai utang jangka panjang dan kurs mata uang asing
· Batasab dividen
· Jaminan
· Rencana
pensiun pegawai
· Transaksi
dengan perusahaan sejawat
· Pajak
2.3 Patokan Akuntansi
Laporan
keuangan gabungan disiapkan saat induk perusahaan mengontrol perusahaan
lainnya. Kontrol diindikasi oleh kemampuan untuk memutuskan operasional dan
kebijakan perusahaan. Meksiko telah mengadaptasi International Accounting
Standartd No. 21 pada penyesuaian pertukaran mata uang asing.
3. Jepang
Pembukuan
dan laporan keuangan jepang menggambarkan adanya percampuran dan pengaruh
domestik dan internasional. Pada setengah awal abad ke-20, pemikiran akuntansi
merupakan refleksi adanya pengaruh jerman, sisa abad selanjutnya adalah
pemikiran AS. Pada 2001 terjadi perubahan yang besar dengan pembentukan
organisasi organisasi pengaturan standarisasi akuntansi sektor swasta.
3.1 Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
Undang-undang perusahaan diatur oleh Ministry of Justice (MOJ). Proteksi
pemegang saham dan kreditor merupakan prinsip dasar, dengan kepercayaan yang
inggi pada patokan harga perolehan. Pengungkapan pada kelayakan kredit dan
kemungkinan untuk mendapatkan untung karena distribusi deviden menjadi hal yang
diutamakan. Semua perusahaan yang didirikan berdasarkan undang-undangperusahaan
diwajibkan untuk memenuhi ketentuan akuntansi. Japanese institute of Certified
Publik Accountants (JICPA) merupakan organisasi profesional dari CPAs di
jepang. Sebagai tambahan untuk memberikan panduan mengenai pelaksanaan audit,
JICPA mengeluarkan panduan mengenai permaslahan akuntansi, serta menyediakan
input bagi ASBJ dalam mengembangkan standardisasi akuntansi. Standardisasi
proses audit yang berlaku umum dikeluarkan oleh BAC daripada JICPA. Certified
Public Accountant and Auditing Oversight Board dibentuk pada tahun 2003. Agensi
pemerintah, didesain untuk mengawasi dan mengontrol auditor serta meningkatkan
kualitas audit di jepang. Hal ini dicantumkan dalam FSA pada tahun 2004.
3.2 Laporan Keuangan
Perusahaan
yang bergabung dibawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk mempersiapkan
laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat rapat para pemegang saham,
yang isinya antara lain :
1. Neraca
2. Laporan laba
rugi
3. Laporan atas
perubahan ekuitas pemegang saham
4. Laporan bisnis
5. Jadwal terkait
Ada beberapa jadwaal pendukung juga dibutuhkan, tetapi
terpisah dari catatan, yaitu :
· Perubahan
pada obligasi dan utang jangka pendek dan panjang
· Perubahan
pada aktiva tetap dan akumulasi penyusutan
· Aset yang
dijaminkan
· Jaminan
hutang
· Perubahan
pencadangan
· Jumlah dari
dan untuk pemegang saham
· Kepemilikan
ekuitas dalam anak perusahaan serta jumlah saham anak perusahaan
· Penerimaan
dari anak perusahaan
· Transaksi
dengan direktur, auditor berwenang, pemegang saham dan pihak ketiga yang
menghasilkan konflik kepentingan
· Pembayaran
gaji kepada direktur dan auditor berwenang
3.3 Patokan Akuntansi
Metode
pooling of interest (penyatuan saham) untuk bisnis gabungan digunakan pada
situasi tertentu saja.goodwill dihitung dengan harga dasar pasar aset bersih
yang didapatkan dan yang diamortisasi dari 20 tahun atau kurang serta subjek
terhadap tes penurunan nilai.
Persediaan yang ada harus dihitung
apakah cocok dengan biaya atau lebih rendah atau nilai keuntungan bersih. FIFO,
LIFO, serta metode biaya rata-rata semuanya menerima metode cast flow, dengan
rata-rata yang paling populer.
4. Cina
Pada akhir tahun 1970-an, pemimpin cina mulai
menggerakan ekonomi dari program terpusat gaya soviet menuju sistem yang
berorientasi kepada pasar namun masih dala kondisi partai komunis. Pada 1993,
kepemimpina cina menyetujui reformasi jangka panjang lagi yang dimaksudkan
supaya memberikan fleksibelitas yang lebih pada institusi yang berorientasi
pasar.
Karakteristik dasar akuntansi cina dimulai sejak pembentukan RRC pada
tahun 1949 menerapkan sistem ekonomi terpusat, memperlihatkan prinsip dan pola
marxis meniru sistem kesatuan soviet. Pelaporan keuangan terjadwal dan lengkap,
fitur utamanya adalah orientasi pengaturan dana dimana dana berarti properti,
barang dan material yang digunakan dalam produksi. Pelaporan keuangan
ditekankan adanya neraca, yang memfleksikan sumber daya dan kebijakan
pemerintah.
4.1 Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
The state
council/dewan pemerinta (sebuah lembaga eksekutif yang berhubungan dengan
kabinet) mengeluarkan aturan pelaporan dan akuntansi keuangan perusahaan
(Financial Accounting and Reporting Rules for Enterprises-FARR). Semua
peraturan fokus pada pembukuan, persiapan laporan keuangan, praktik pelaporan
dan akuntansi keuangan lainnya dan berbagai hal tentang pelaporan.
Pada tahun
1992, departemen keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business
Enterprises (ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntut
perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya menyeragamkan praktik
domestik dan akuntansi cina dengan praktik internasional.
Komite
standar akuntansi cina CASC telah didirikan pada tahun 1998 sebagai lembaga
berwenang didalam departemen keuangan yang berwenangdidalam departemen keuangan
yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi.
Tahun 2006
sebuah susunan baru ASBE telah dikeluarkan dengan pendekatan big bang mengenai
konvergensi. Komisi pengaturan sekuritas cina CSRC mengatur 2 bursa saham cina
: Shanghai, yang dibuka tahun 1990, dan shanzen, yang dibuka tahun 1991. Sampai
tahun 1995 cina memiliki 2 organisasi akuntansi profesional. CICPA didirikan
tahun 1988 mengatur sektor perusahaan swasta. CACPA bertanggungjawab atas audit
perusahaan-perusahaan pemerintah dan dibawah otorisasi agen yang terpisah,
badan administrasi audit negara. Pada tahun 1995 CICPA dab CACPA bergabung,
dengan mengusung nama CICPA, mengembangkan standar pengauditan dan
bertanggungjawab atas kode etik profesional.
4.2 Pelaporan
keuangan
Laporan keuangan terdiri atas :
1. Neraca
2. Laporan laba
rugi
3. Laporan arus
kas
4. Laporan
perubahan ekuitas
5. Catatan
4.3 Patokan Akuntansi
Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar aset
dan kewajiban yang akuisisi. Perbedaan ini diuji untuk tes penurunan nilai
tahunan. Harga perolehan adalah basis untuk penilaian aset berwujud : revaluasi
tidak diperbolehkan. FIFO dan rata-rata adalah metode pembiayaan yang bisa
diterima dan persediaan dicatat sebagai biaya. Biaya riset dibebankan tetapi
biaya pengembangan dikapitalisasi jika kelayakan teknologi dan biaya pemulihan
dibuat. Financial lease dikapitalisasi. Pajak tangguhan diberikan secara penuh
untuk semua perbedaan sementara. Keuntungan pegawai dibebankan ketika dibayar.
Kewajiban bersyarat diberikan saat ada kemungkinan terjadi dan jumlahnya bisa
benar-benar diperkirakan.
5. India
Perekonomian eropa mulai bersaing dengan india setelah
portugis tiba pada tahun 1498. Benteng luar pertama orang inggris dibentuk
diperusahaan india bagian selatan tahun 1619., dan satuan perdagangan
terusmenerus dibuka dibagian lain selama tahun 1850-an. Demonstrasi masa
terhadap aturan kolonial inggris mulai pada tahun 1920-an dibawah kepemimpinan
Mohandas Gandhi dan Jawaharlal Nehru.
Dari 1947 sampai akhir 1970-an, ekonomi india digolongkan
dengan bergaya program sosialis pemerintah terpusat dan industri pengganti
barang impor. Menghadapi krisis ekonomi pemerintah mulai melaksanakan ekonomi
terbuka pada tahun 1991. Perubahan yang dimulai 1991 telah memutus kendali
birokrasi dan mendorong terciptanya pasar yang lebih kompetitif.
5.1 Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
Penetapan lembaga pertama diatur dalam undang-undang tahu
1857, dan hukum pertama berhubungan dengan pemeliharaan dan pemerisaan catatan
akuntansi yang telah dilaksanakan tahun 1866, bersama dengan kualifikasi resmi
auditor pertama berlandaskan hukum inggris.
Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbaharui oleh agen
pemerintah, departemen urusan perusahaan. Akta tersebut menyediakan cara kerja
yang luas yang disebut kitab akuntansi dan persyaratan untuk sbuah audit.
The Institute of Chartered Accountants of India yang
didirikan pada tahun 1949 mengatur izin profesi akuntansi dan bertanggungjawab
untuk mengembangkan standar akuntansi dan proses audit. Tahun 2006npemerintah
mengumumkan bahwa hal itu cenderung untuk memperkenalkan legislasi perusahaan
yang menyertakan AS dengan International Financial Reporting Standards.
5.2 Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri atas neraca dua tahun, laporan laba
rugi, laporan arus kas dan kebijakan akuntansi dan catatan. Perusahaan
yangtidak terdaftar hanya perlu menyiapkan laporan intinya saja, akan tetapi
bagi perusahaan yang terdaftar harus menyiapkan laporan gabungan dan intinya
saja. Laporan keuangan harus menyajikan pandangan yang adil dan benar, namun
tidak tidak ada penolakan kebenaran dan keadilan
5.3 Pengukuran
Akuntansi
Goodwiil berada diantara perhitungan yang ada dan hasil
jumlah aset dan utang yang diperoleh. Metode ekuitas digunakan pada akun
afiliasi terhadap entitas yang memiliki pengaruh yang signifikan namun bukan
kendali.
Aktiva
tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar. Revaluasi harus
diterapkan pada keseluruhan golongan aset tetap. Depresiasi dialokasikan secara
berkala terhadap penggunaan aset. Aset tidak berwujud diamortisasi lebih dari
10 tahun.
Sewa
pembiayaan dikapitalisasi dalam nilai lancar pasar dan didepresiasi terhadap
masa penggunaan sewa. Sewa operasional dicatat sebagai biaya dengan metode
garis lurus selama masa sewa. Kerugian bersyarat disediakan ketika mungkin
terjadi dan nilai yang diestimasi tersebut bisa tercapai. Pajak tangguhan dan
kewajiban tidak dikurangi dengan nilai sekarang.
Daftar pustaka:
Choi, Frederick D.S
and Gary K. Meek. 2010. International Accounting. Buku 1. Salemba Empat.
Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar